Flowchart adalah representasi grafik dari langkah-langkah yang harus diikuti dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang terdiri atas sekumpulan simbol, dimana masing-masing simbol merepresentasikan suatu kegiatan tertentu.
Flowchart diawali dengan penerimaan input, pemrosesan input, dan diakhiri dengan penampilan output.
· Proses/Prosessing, satu atau beberapa himpunan penugasan yang akan
· dilaksanakan secara berurutan.
· Input /output, data yang akan dibaca & dimasukan ke dalam memori computer dari suatu alat input.
· Terminal, berfungsi sebagai awal (berisi ‘Start’) &sebagai akhir (berisi ‘ End’) dari suatu proses alur.
· Decision (kotak keputusan), berfungsi untuk memutuskan arah/percabangan yang diambil sesuai dengan kondisi yang dipenuhi, yaitu Benar/Salah.
· Subroutine, digunakan untuk menjalankan proses suatu bagian (sub program) atau prosedur.
· Preparation, digunakan untuk pemberian harga awal.
· Connector/penghubung, digunakan untuk menghubungkan diagram alur yang terputus dimana bagian tersebut masih berada pada halaman yang sama.
· On Page Connector, untuk menghubungkan sambungan dari bagian Flowchart yang terputus dimana sambungannya berada pada halaman yang lain.
Diagram alur untuk program computer:
Suatu program computer pada umumnya terdiri atas:
1. Pembacaan/pemasukkandata kedalam computer
2. Malakukan komputasi/perhitungan terhadap data tersebut
3. Mengeluarkan / mencetak / menampilkan hasilnya.
Contoh-contoh flowchart
1. Stuktur squence / stuktur sederhana.
Contoh:
2. Stuktur Branching
Contoh:
3. Stuktur looping
Contoh:
Struktur branching (percabangan)
A. Bersyarat
IF….
Diagram yang alurnya ada/banyak terjadi alih control berupa percabangan & terjadi apabila kita dihadapkan pada suatu kondisi dengan dua pilihan BENAR atau SALAH.
Bentuk Umum :
If (kondisi)
Pernyataan;
IF….ELSE
Bentuk Umum :
if (kondisi)
perintah 1;
else
perintah 2;
Nested IF
Pernyataan if yang berada dalam pernyataan if yang lain.
Bentuk Umum :
if (syarat) if (syarat) ….perintah ; else ….perintah ; else if (syarat) ….perintah ; else |
….perintah;
IF….ELSE Majemuk (bertingkat)
If-else majemuk mirip dengan nested if. Keuntungan penggunaan if-else majemuk adalah bentuk penulisan yang lebih sederhana.
Bentuk Umum :
If (syarat)
{
…perintah ;
}
Else if (syarat)
{
…perintah;
}
Else
{
…perintah;
}
Switch Case
Untuk menangani pengambilan keputusan yang melibatkan sejumlah atau benyak alternatif.
Bentuk Umum :
switch (ekspresi integer atau karakter)
{
case konstanta1:
….perintah;
break;
case konstanta2:
….perintah;
break;
default:
….perintah;
break;
B. Tidak Bersyarat
GO TO
Bentuk Umum :
go to label;
(penulis: Aifah)
(penulis: Aifah)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar